7 Trik Wujudkan Rumah Idaman dengan Desain Minimalis

Desain rumah minimalis kini diminati banyak orang lebih-lebih para pengantin baru. Rumah minimalis emang pas buat pasangan zaman sekarang alias generasi milenial. Selain terbukti lebih hemat, konsep desain rumah minimalis juga terlihat lebih modern dan rapi.

Arsitektur rumah minimalis identik dengan wujud geometris yang tak banyak dekorasi. Rumah minimalis juga memanfaatkan material bangunan yang cenderung sederhana dan fungsional.

Jangan lupa, biar bagaimanapun rumah bukan hanya soal ukuran atau tampilan, tetapi juga soal kenyamanan. Nah, kau yang berencana membangun rumah, pastikan sudah memiliki perencanaan yang ideal supaya rumah kian nyaman dihuni.

Yuk wujudkan hunian idamanmu dengan 7 kiat jadikan rumah minimalis kian nyaman dan elegan ini.

1. Hindari menyimpan barang yang tak dibutuhkan

Ingat, salah satu prinsip dari rumah minimalis ialah barang-barang yang ada di dalam rumah dipilih secara fungsional. Artinya, pisahkan atau membuang barang yang tidak berguna atau sudah lebih dari tiga bulan tidak kamu gunakan.

Di sisi lain, pastikan perabotan yang ada memang memiliki fungsi yang kamu perlukan. Lebih baik lagi seandainya bersifat multifungsi. Misalnya, tempat tidur yang juga memiliki fungsi sebagai tempat penyimpanan.

2. Minimalisasi pengaplikasian sekat antar ruang

Saat mendesain rumah, ingatlah untuk tidak membikin pembatas ruangan secara berlebihan.

Pengaplikasian Hunian Baru di Tangerang atau pembatas dapat membuat ruangan menjadi lebih sempit. Alih-alih mengaplikasikan sekat, gunakan perabotan sebagai pembatas di antara dua ruangan.

Image result for minimalist house

Contohnya, kamu bisa memakai lemari atau meja sebagai pemisah ruangan seperti pada gambar di bawah ini.

3. Gunakan cermin sebagai dekorasi

Cermin bersifat memantulkan bayang-bayang sehingga kapabel menjadikan ilusi yang dapat membikin rumah seolah lebih besar dari yang sebetulnya. Untuk itu, pilihlah cermin yang besar sebagai dekorasi dinding.

Kecuali dinding, kau juga bisa memilih lemari dengan pintu yang dilapisi cermin untuk memunculkan imbas yang serupa.

4. Tambahkan faktor alam untuk memberi kesan hangat

Untuk memberi kesan hangat, kamu dapat memilih sebagian furnitur dengan motif atau bahan dasar kayu atau batu alam. Buat suasana rumah menjadi kian menawan dan asri dengan menambahkan sebagian tanaman hias yang melekat di dinding.

Pilih tanaman yang mampu beradaptasi pada keadaan di dalam ruangan dan tidak memerlukan banyak perawatan khusus seperti pohon cinta, kuping gajah, atau lidah buaya. Sebagian pohon ini bisa tahan tak terkena cahaya sang surya selama satu sampai tiga minggu sehingga kamu cukup mengeluarkannya adakalanya dalam satu bulan.

Akan lebih bagus kalau tanaman yang dipilih juga sanggup membersihkan udara seperti tanaman lidah buaya.

5. Pastikan penerangan dan sirkulasi optimal

Biasanya, rumah minimalis dibangun pada lahan yang sempit dan terhimpit rumah lain. Oleh karena itu, pastikan penerangan dan peredaran udara telah cukup bagus agar rumah tak menjadi kusam dan pengap.

Tentu akan lebih bagus bila rumahmu menghadap ke arah terbitnya sang surya sehingga terkena cahaya matahari pagi yang dapat mengurangi kelembaban ruangan. Bila tak, kamu bisa memanfaatkan jendela yang lebar secara optimal.

Maksimalkan juga penerapan ventilasi udara untuk menghemat pemakaian pendingin ruangan. Rumah dengan penerangan yang cukup akan menghindari kesan suram dan membuat ruang terasa lebih lega. Padahal, peredaran rumah yang baik tentu bagus untuk kesehatan penghuni rumah dan membikin udara menjadi lebih segar.

6. Pilih furnitur yang tak menerapkan banyak ruang

Untuk menghemat banyak ruang, gunakan furnitur gantung atau yang merekat di dinding. Furnitur gantung kelihatan praktis dan membuat nuansa ruang menjadi lebih lapang.

Di sisi lain, furnitur gantung juga dapat menambah keindahan ruangan di rumahmu.

7. Hindari pemilihan warna gelap

Pemilihan warna-warna pada rumah minimalis pun khas dengan warna netral seperti putih, hitam, dan abu-abu. Walau begitu, warna-warna netral ini juga gak jarang dikombinasikan dengan sedikit warna cemerlang.

Bila berkeinginan membuat ruangan menonjol lebih luas, pilih warna terang seperti putih atau abu-abu muda sebagai warna dominan.

Desain rumah minimalis dapat disulap menjadi hunian yang nyaman dan konsisten elegan.

Pada dasarnya desain rumah minimalis yakni memaksimalkan pemakaian perabot secara fungsional sehingga lebih hemat namun tetap estetik.

Untuk membuat rumah nyaman huni, bukan soal seberapa besar ukuran rumah, namun seberapa tepat penerapan furnitur dan tata letak ruang di dalam rumah.